Friday, July 3, 2015

TIPS PRESENTASI HASIL PENELITIAN

TIPS PRESENTASI HASIL PENELITIAN

Presentasi yang satu ini biasanya khusus bagi mahasiswa yang menginginkan untuk bisa lulus dari kuliahnya. Tentunya, dengan melakukan penelitian dan presentasi atas hasilnya. Untuk tips dan trik melakukan penelitian tidak akan kita bahas sedikit pun disini, yang akan kita bahas panjang lebar adalah tips dan trik presentasi hasil penelitian.
Berkut ini penjelasan mengenai tips presentasi hasil penelitian yang dapat dilakukan :
·           Menguasai hasil penelitian. Ketahuilah bahwa apa yang akan disampaikan dalam presentasi hasil penelitian adalah pokok atau kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan selama berbulan-bulan. Karena itu, apabila ingin melakukan presentasi hasil penelitian, Anda harus betul-betul menguasai pokok atau kesimpulan dari hasil penelitian yang telah anda lakukan. Apa pun jenis penelitian anda, mulai dari skripsi, tesis, atau desertasi, maka kuasailah hasilnya. Dari penguasaan hasil penelitian tersebut, Anda akan lebih mudah dalam melakukan presentasi.
·           Menyiapkan mental. Menjelang dilakukannya presentasi hasil penelitian, rasa cemas dan takut pasti akan muncul. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ini adalah hal yang wajar. Sebaliknya, hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan mental. Dengan menyiapkan mental, maka rasa cemas dan takut yang Anda rasakan pasti akan hilang. Tidak hanya itu, pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam diri Anda juga pasti akan hilang.
·           Mengenali karakter dosen­-dosen penguji. Perlu diingat bahwa presentasi hasil penelitian dilakukan di hadapan para dosen penguji yang terdiri dari satu, dua, atau tiga orang dosen penguji. Jadi, mengenali karakter dosen-dosen penguji adalah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan mengenali karakter dosen-dosen penguji, Anda  akan merasa jauh lebih tenang ketika melakukan presentasi. Lantas, bagaimana caranya mengenali karakter dosen-dosen penguji? Caranya cukup mudah, tinggal Anda menghubungi kakak-kakak kelas yang pernah melakukan presentasi hasil penelitian sebelumnya. Tanyakanlah pada mereka bagaimana dosen-dosen penguji memberikan pertanyaan, mengkritik cara mahasiswa melakukan presentasi, dan sebagainya.
·           Menyusun slide presentasi dengan apik dan menarik. Menyusun slide presentasi untuk presentasi hasil penelitian bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibutuhkan sebuah pemikiran dan kerja cerdas untuk memilih isi, grafik, gambar, serta struktur presentasi yang harus ditampilkan dalam tiap slide. Tentunya, dalam hal ini Anda harus mengedepankan aspek apik dan menarik. Apk, maksudnya, setiap kalimat atau gambar yang ditampilkan dalam slide harus singkat dan jelas. Sementara, menarik, maksudnya, penggunaan latar belakang, warna, jenis, dan ukuran font harus mendukung setiap kalimat atau gambar yang ditampilkan di dalam slide.
·           Melakukan latihan presentasi. Latihan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat presentasi hasil penelitian berjalan dengan baik. Dengan melakukan latihan ini, Anda pasti akan merasa lebih percaya diri, mampu menguasai pokok/kesimpulan atas hasil penelitian yang telah dilakukan, dan yang lebih penting lagi Anda akan terlihat cerdas di hadapan dosen-dosen penguji. Dalam melakukan latihan presentasi, Anda bisa melakukannya di depan cermin ata bisa juga berlatih di depan teman-teman Anda. Jika sampai tahap ini Anda bisa melakukannya dengan baik, maka peluang untuk sukses dalam presentasi hasil penelitian semakin terbuka lebar.
·           Menjelaskan hasil penelitian dengan jelas dan memahamkan. Dalam tahap ini, Anda harus mampu menjelaskan hasil penelitian dengan jelas dan memahamkan. Jelas, berarti bisa diterima di telinga dosen-dosen penguji, sementara memahamkan artinya isi presentasi mudah dipahami.
Berkut ini beberapa trik presentasi hasil penelitian yang dapat dilakukan :
·           Datang sekitar satu jam lebih awal. Ketika hendak melakukan presentasi hasil penelitian, datanglah sekitar satu jam lebih awal dari waktu yang telah disepakati. Misalnya, ketika waktu yang disepakati adalah jam 9, datanglah jam 8; ketika waktu yang disepakati adalah jam 13; Anda dapat datang jam 12, dan sebagainya. Datang 1 jam lebih awal disini dimaksudkan Anda bisa mempersiapkan diri lebih matang sebelum melakukan presentasi.
·           Jangan lupa mengawali presentasi dengan pembukaan. Pembukaan dalam presentasi hasil penelitian merupakan salah satu tahap yang tidak mudah dilakukan. Karena itu, dibutuhkan sebuah pemikiran yang matang sebelum Anda melakukannya. Anda harus benar-benar memikirkan kalimat apa yang sekiranya tepat untuk Anda sampaikan saat berdiri pertama kali di hadapan dosen-dosen penguji. Jangan sampai pada saat itu Anda menunjukkan diri bahwa Anda tidak siap, dengan pembukaan yang buruk disertai sikap tidak percaya diri.
·           Tidak gugup menjawab pertanyaan. Setelah Anda melakukan presentasi hasil penelitian, biasanya dosen-dosen penguji akan memberikan beberapa pertanyaan kepada Anda. Nah, tugas Anda adalah menjawab semua pertanyaan tersebut dengan percaya diri. Jangan sampai Anda gugup. Karena, gugup kemungkinan bisa mengurangi nilai presentasi Anda.
·           Mengakhiri presentasi dengan membacakan kesimpulan dan rekomendasi. Sebelum presentasi diakhiri, ada baiknya Anda membacakan kesimpulan atas hasil kesimpulan dengan singkat dan jelas. Pembacaan kesimpulan ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena itu merupakan tanda berakhirnya presentasi. Selain membacakan kesimpulan, Anda juga harus membacakan rekomendasi. Rekomendasi ini Anda sampaikan kepada pihak-pihak terkait yang akan menggunakan hasil penelitian Anda untuk penelitian lanjutan, baik itu yang bersifat tugas akademik maupun tidak. (Afifi, John, 2014, Tips Dan Trik “Menjual Diri”, FlashBooks, Jogjakarta).

1 comment:

  1. butuh pake alat presentasi kaya laser gt ga ya? atau itu nggak terlalu berpengaruh?

    ReplyDelete