MENGATASI KESALAHAN KARYAWAN
Apakah
Anda seorang pengusaha atau seorang pimpinan perusahaan? Jika iya, Apakah anda
memiliki karyawan? Bagaimana kinerja karyawan Anda? Apakah karyawan Anda pernah
melakukan kesalahan? Atau kah sering? Tidak ada seorang manusia yang luput dari
kesalahan, semua orang pernah melakukannya. Tetapi bukan berarti kesalahan
adalah hal yang harus selalu ditoleransi.
Ketika karyawan Anda melakukan
kesalahan, tindakan yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menberi teguran.
Teguran ringan yang Anda berikan menandakan bahwa karyawan harus berhati-hati
dalam bekerja sehingga tidak mengecewakan pelanggan dan tidak harus mendapat
teguran dari pemilik usaha. Namun bukan berarti Anda harus membahas panjang
lebar kesalahan karyawan Anda. Hal kedua yang harus anda lakukan adalah
menanyakan dan menganalisis lebih dulu latar belakang atau sebab-sebab dibalik
kesalahan yang telah diperbuatnya. Dengan cara itu, Anda akan dianggap sebagai
pimpinan yang bijak dan mau mendengarkan bawahan.
Ada
beberapa kemungkinan karyawan melakukan kesalahan. Diantaranya yiaitu: kurang
pengalaman, sikap yang tidak baik, dan arahan Anda yang kurang jelas. Ketiga
kemungkinan ini membutuhkan penanganan yang berbeda. Dengan mencari tahu dan
menganalisis kesalahan karyawan Anda dapat mengubah karyawan menjadi lebih
baik.
Jika karyawan membuat kesalahan
karena kurang pengalaman, Anda dapat mengatasinya dengan memberi bimbingan,
atau kalau perlu ikutsertakan karyawan Anda dengan pelatihan yang sesuai.
Dengan begitu karyawan Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya,
sehingga di masa yang akan datang tidak akan mengulang kesalahan yang sama.
Kesalahan yang disebabkan karena
sikap yang tidak baik. Seorang karyawan yang tidak memiliki etos kerja yang
baik tidak heran jika rekan-rekan kerjanya tidak mendukungnya dalam
menyelesaikan suatu tugas. Karyawan yang seperti ini jelas harus diberi teguran
yang dilakukan dengan bijaksana. Di situlah Anda berperan sebagai seorang pimpinan−mengembangkan
karyawan.
Jika kesalahan itu muncul karena arahan anda
yang kurang jelas, ini merupakan kesempatan Anda untuk memperbaiki diri, bagaimana
meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan apa yang ada dalam benak Anda
kepada orang lain secara jelas. Di sinilah kesempatan Anda untuk menunjukkan kualitas
Anda sebagai seorang pemimpin.
Sebagai seorang pimpinan, Anda harus
menyadari bahwa kita sebagai manusia pasti melakukan kesalahan. Sangat
disayangkan jika seorang pimpinan tidak mengakui kesalahannya dan menguburnya
dengan berbagai dalih. Kita harus mengubah perspektif kita terhadap kesalahan,
kesalahan adalah guru dan cara terbaik untuk meningkatkan kulita diri kita
sebagai seorang manusia ataupun seorang pemimpin.
No comments:
Post a Comment