Friday, July 3, 2015

MENGATASI KESALAHAN KARYAWAN

MENGATASI KESALAHAN KARYAWAN

Apakah Anda seorang pengusaha atau seorang pimpinan perusahaan? Jika iya, Apakah anda memiliki karyawan? Bagaimana kinerja karyawan Anda? Apakah karyawan Anda pernah melakukan kesalahan? Atau kah sering? Tidak ada seorang manusia yang luput dari kesalahan, semua orang pernah melakukannya. Tetapi bukan berarti kesalahan adalah hal yang harus selalu ditoleransi.
            Ketika karyawan Anda melakukan kesalahan, tindakan yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menberi teguran. Teguran ringan yang Anda berikan menandakan bahwa karyawan harus berhati-hati dalam bekerja sehingga tidak mengecewakan pelanggan dan tidak harus mendapat teguran dari pemilik usaha. Namun bukan berarti Anda harus membahas panjang lebar kesalahan karyawan Anda. Hal kedua yang harus anda lakukan adalah menanyakan dan menganalisis lebih dulu latar belakang atau sebab-sebab dibalik kesalahan yang telah diperbuatnya. Dengan cara itu, Anda akan dianggap sebagai pimpinan yang bijak dan mau mendengarkan bawahan.
Ada beberapa kemungkinan karyawan melakukan kesalahan. Diantaranya yiaitu: kurang pengalaman, sikap yang tidak baik, dan arahan Anda yang kurang jelas. Ketiga kemungkinan ini membutuhkan penanganan yang berbeda. Dengan mencari tahu dan menganalisis kesalahan karyawan Anda dapat mengubah karyawan menjadi lebih baik.
            Jika karyawan membuat kesalahan karena kurang pengalaman, Anda dapat mengatasinya dengan memberi bimbingan, atau kalau perlu ikutsertakan karyawan Anda dengan pelatihan yang sesuai. Dengan begitu karyawan Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, sehingga di masa yang akan datang tidak akan mengulang kesalahan yang sama.
            Kesalahan yang disebabkan karena sikap yang tidak baik. Seorang karyawan yang tidak memiliki etos kerja yang baik tidak heran jika rekan-rekan kerjanya tidak mendukungnya dalam menyelesaikan suatu tugas. Karyawan yang seperti ini jelas harus diberi teguran yang dilakukan dengan bijaksana. Di situlah Anda berperan sebagai seorang pimpinan−mengembangkan karyawan.
             Jika kesalahan itu muncul karena arahan anda yang kurang jelas, ini merupakan kesempatan Anda untuk memperbaiki diri, bagaimana meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan apa yang ada dalam benak Anda kepada orang lain secara jelas. Di sinilah kesempatan Anda untuk menunjukkan kualitas Anda sebagai seorang pemimpin.
            Sebagai seorang pimpinan, Anda harus menyadari bahwa kita sebagai manusia pasti melakukan kesalahan. Sangat disayangkan jika seorang pimpinan tidak mengakui kesalahannya dan menguburnya dengan berbagai dalih. Kita harus mengubah perspektif kita terhadap kesalahan, kesalahan adalah guru dan cara terbaik untuk meningkatkan kulita diri kita sebagai seorang manusia ataupun seorang pemimpin.

No comments:

Post a Comment