Tips Pengelolaan Usaha
Dalam mengelola usaha
hal yang harus diperhatikan adalah konsistensi, karena hal tersebut merupakan
kunci sukses seorang pemilik usaha. Hal ini memiliki dampak positif bagi usaha
yang dijalankan karena tanpa adanya konsistensi, seorang pengusaha tidak akan
pernah sukses dalam membangun relasi.
Hal-hal mendasar dari
sebuah konsistensi dalam usaha berupa sikap keseharian kita sebagai pengelola
usaha. Sebelum membuka toko hendaknya kita mempersiapkan barang dagangan
terlebih dahulu. Hal ini harus menjadi kebiasaan yang dilakukan secara rutin
karena bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan. Bila toko dalam keadaan siap,
rapih dan bersih maka pelanggan yang datang berkunjung akan merasa nyaman.
Selain menyiapkan toko,
kita juga harus menyiapkan peralatan uasaha seperti plastik; alat tulis; nota;
dan yang terpenting adalah uang kembalian. Hal ini terlihat sangat sederhana
dan sepele namun hal ini memiliki efek yg begitu besar terhadap kenyamanan
pelanggan saat melakukan transaksi jual beli. Dengan begitu maka toko telah
siap untuk menerima pelanggan dengan baik.
Kunci sukses dalam
mengelola dengan baik juga dapat dilihat pada bagaimana cara kita melayani
pelanggan. Contohnya, menunggu pelanggan yang masih belanja pada saat toko
sudah lewat jam operasi. Dalam hal ini kita wajib berhati-hati sebagai pemilik
toko, karena pelanggan bisa menjadi sensitif karena hal tersebut. Kita bisa memberi
pengertian dan mengatakan dengan ramah “maaf bapak..., pintu toko akan ditutup
sebagian, tetapi silahkan jika bapak masih ingin melanjutkan belanjanya, tidak
usah terburu-buru”.
Lalu jika kita tidak
bisa membuka toko di lain waktu, kita dapat membuat catatan kecil yang bisa
diletakkan di dinding toko sebagai informasi, atau kita juga dapat
berkomunikasi langsung dengan pelanggan agar pelanggan yang ingin datang
keesokan harinya dapat mengetahui hal tesebut. Hal ini juga dapat menjadi
membangun mind set pelanggan bahwa anda merupakan seorang pedagang yg baik,
dengan begitu anda dapat meraih pelanggan tetap.
Pengelolaan toko yang
melibatkan keluarga atau teman dekat sebaiknya memiliki porsi kerja 50:50. Lain
halnya jika pemilik utama toko sudah berkeluarga, maka porsi kerjanya akan
menjadi 70:30. Hal ini dikarenakan prioritas utama adalah keluarga.
Jika usaha yang
didirikan sudah mendapatkan mulai berkembang dan memiliki pelanggan tetap, maka
penggunaan tenaga kerja (karyawan) dapat dipertimbangkan. Kriteri yang
diterapkan untuk mencari seorang karyawan adalah orang yang memiliki wajah
bersahabat, jujur dan semangat yang tinggi. Ketiga hal ini menjadi penting
karena pelanggan akan merasa nyaman jika dilayani oleh karyawan yang ramah.
Jika kita sudah
mendapatkan karyawan dengan kriteria tersebut, maka hal berikutnya yang perlu
dilakukan adalah melakukan training untuk karyawan. Kita perlu membagikan
wawasan, bagaimana tata cara produksi, bagaimana dunia marketing, membuat
laporan keuangan, dan banyak hal lainnya yang dibutuhkan oleh seorang karyawan.
Walaupun kita sudah
mempunyai karyawan, sebaiknya kita harus ikut serta dalam melayani pelanggan.
Mengapa hal ini diperlukan? Karena dengan begitu, kita dapat menjaga relasi
dengan pelanggan dan kita perlu mengawasi serta memastikan karyawan bekerja dan
melayani pelanggan dengan baik.
Berikut adalah beberapa
tips pengelolaan usaha (toko) dari saya, terima kasih J
No comments:
Post a Comment