Sunday, March 15, 2015

Mengenal PBT-TOEFL dan CBT TOEFL

PBT-TOEFL dan CBT TOEFL


Di tahun 2015 ini bahasa inggris sangat dibutuhkan oleh para tenaga kerja di Indonesia. Hampir di semua perusahaan di Indonesia menjadikan bahasa inggris sebagai persyaratan penerimaan calon pekerja. Dalam penerimaan calon pekerja, biasanya pihak perusahaan memberikan syarat kepada para pelamar untuk melampirkan skor TOEFL dalam surat lamaran.

Apa itu TOEFL? TOEFL merupakan tes kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris dengan menggunakan logat Amerika. Apa manfaat dari mengikuti tes TOEFL? Hasil dari TOEFL dapat dipergunakan untuk mendaftar kembali kuliah ke luar negeri atau bahkan bisa dipergunakan untuk melamar suatu pekerjaan agar bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak perusahaan.

Bagaimana dengan jenisnya, ada berapa jenis tes TOEFL yang dapat dilakukan? Ada tiga jenis TOEFL yang dilakukan dengan metode yang berbeda pula, yaitu PBT-TOEFL, CBT-TOEFL, dan iBT-TOEFL. Ketiga-tiganya masih dapat dijumpai karena masih berlaku. Tapi yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah paper base dan computer base.

Yang pertama ialah PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL atau dalam bahasa indonesia adalah tes TOEFL berbasis kertas. Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Pada Listening Comprehensionterdiri dari tiga bagian dan jumlah keseluruhan soal adalah 50. Anda diberikan waktu 35 menit untuk mengerjakan. Berikut ini bagian-bagian dari paper-based test.

Bagian A-Short Dialogues : Terdiri dari 30 dialog singkat antara seorang laki-laki dengan perempuan. Masing-masing dialog kemudian diikuti sebuah pertanyaan dari orang ketiga yang disebut narator. Setelah itu, anda harus memilih jawaban yang benar dari setiap pertanyaan berdasarkan empat pilihan jawaban yang tersedia pada lembar tes anda.

Bagian B-Longer Conversation : Terdiri dari dua percakapan yang lebih panjang dari pada Short Dialogues antara seorang laki-laki dengan perempuan dan sifatnya umum serta tidak resmi. Setelah soal selesai, seorang narator akan membacakan soal berdasarkan percakapan tersebut. Kemudian anda harus memilih jawaban yang benar dari setiap pertanyaan berdasarkan empat pilihan yang tersedia pada lembar tes anda. Dua percakapan yang masing-masing diikuti 4 pertanyaan dan pilihan jawaban dalam bentuk pilihan berganda ini merupakan keseluruhan dari bagian B.

Bagian C-Talks ; Terdiri dari tiga topik pembicaraan tentang kehidupan sekolah, kampus, atau masalah-masalah akademis lainnya. Pada setiap awal pembicaraan, anda akan mendengarkansuatu rekaman pembicaraan ilmiah tentang suatu topik atau masalah oleh seorang laki-laki atau perempuan yang biasanya adalah seorang pembimbing mahasiswa atau guru besar universitas. Setelah itu, seorang narator akan membacakan beberapa soal berdasarkan topik yang telah diperdengarkan. Kemudian, anda harus memilih jawaban yang benar dari setiap pertanyaan berdasarkan empat pilihan jawaban yang tersedia pada lembar tes anda. Tiga pembicaraan bersifat ilmiah yang masing-masing diikuti 4 pertanyaan dan pilihan jawaban dalam bentuk pilihan berganda ini merupakan keseluruhan dari bagian C.

Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun, ada banyak instansi lokal di Indonesia yang masih mau menerima hasil score PBT-TOEFL.

Yang kedua ialah CBT-TOEFL atau Computer Based Test TOEFL atau tes TOEFL berbasis komputer. Tes ini menggunakan perangkat lunak resmi yang diterbitkan oleh ETS sebagai media pengujian. Dengan kata lain, peserta ujian mengerjakan soal-soal ujian TOEFL berbasis komputer. Pada tes jenis ini terdapat empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Selain itu, tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. CBT-TOEFL memiliki rentang nilai antara 0 hingga 330 sebagai nilai paling tinggi.

Paragraf-paragraf diatas merupakan penjelasan mengenai berbagai macam tes Toefl yang dapat kita ketahui. Walaupun hanya menjadi syarat pendamping setelah skill khusus bidang tertentu yang diprioritaskan, namun skor TOEFL ataupun skill bahasa inggris juga menjadi salah penentu diterima atau tidaknya seorang calon pekerja.


Sumber :

No comments:

Post a Comment